5 Feb 2013

SNSD SERBA BARU






Setelah vakum lebih dari setahun sejak merilis album The Boys, Sembilan cewwek cantik ( kaya aku ,, iih pede ) asal Korea yang tergabung dalam Sone Nyuh Shi Dae ( SNSD ) atau Girls’ Generation, akhirnya kembali ke dunia music dengan album baru I GOT A BOY. Di album ini, SNSD nggak hanya mencoba berbagai  jenis  music baru, tapi juga berani tampil dengan gaya fashion yang nggak pernah mereka cobba sebelumnya. So, be ready for some swags SONE ( fans SNSD)
NEW MUSIC
Selama ini SNSd dikenal dengan lagu-lagu K-POP yang ear-catchy banget. Sebut saja lagu-lagu nge-hits mereka seperti Gee, Genie dan Oh!. Ketika lagu I GOT A BOY dirilis, banyak orang kaget mendengar jenis musiknya ( termasuk gw sendiri bingung ) yang beda banget dengan lagu-lagu mereka genre music baru di album I GOT A BOY, salah satunya di lagu I GOT A BOY itu sendiri. Supaya bias menikmati lagu yang menggunakan multi-layer music ini . SNSD menyarankan untuk mendengarkanya berkali-kali.
“ini pertama kalinya kami mencoba genre ini. Tempo dan komposis musiknya sangat tidak biasa. Banyak orang bilang lagu I GOT A BOY terdengar aneh ketika didengarkan terus menurus, kalian akan menemukan bagian yang fun di dalamnya, seperti lagu-lagu SNSD lainnya !” kata SEOHYUN
Menurut SOOYOUNG, SNSD sudah lama ingin mencoba music yang out of the box. Walau awalnya sempat ragu ketika mendengar konsepnya, girlband yang tahun lalu merilis album berbahasa Jepang ini tetap mencobanya. Ternyata, pembuatan album I GOT A BOY membawa pengalaman baru untuk mereka. TAEYEON sang leader juga menambahkan bahwa album I GOT A BOY ini adalah ajang pembuktian diri SNSD. Seperti dengan usia masing-masing member yang bertambah, jenis music yang mereka usung juga harus mengalami proses pendewasaan. “ music kami harus berkembang seiring dengan usia kami yang bertambah. Menurutku semua pasti mengalami proses ini “ ujar TAEYEON.
Di album I GOT A BOY, bebrapa member juga mencoba menulis lirik lagu. SEOHYUN & YURI, YURI bekerja sama membuat lirik untuk lagu XYZ. Bersama SOOYOUNG, mereka  berdua juga menyumbang lirik untuk lagu BABY MAYBE, yang merupakan remake dari lagu milik PIXIE LOTT yang berjudul  WHAT YOU DO.
Selain lagu PIXIE LOTT tersebut, di album ini juga ada lagu remake lain, yakin DANCING QUEEN. Lagu ini adalah remake lagu MERCY milik penyanyi soul Inggris, DUFFY. Ada juga lagu TALK TALK yang sebelumnya sudah dirilis di album Jepang SNSD, Girls & Peace dengan judul BOOMERANG. Dua  vokalis unggulan SNSD, TAEYEON. TIFFANY berkesempatan berduet  di lagu LOST IN LOVE.

NEW DANCE MOVES
Kalu kamu perhatikan di video klip I GOT A BOY, gerakan tari SNSD terlihat  lebih energik dan lebih variatif. Yup, konsep tari SNSD pun ikut berubah seiring dengan berubahnya genre musik mereka. HYOYEON si main dance pun mengakui kalu gerekan tari SNSD sekarang lebih rumit. “ banyak gerakan baru yang sangat powerful. Pergantian gerakannya sangat cepat. Formasi kami pun berubah terus sepanjang lagu. Untuk bisa menguasai teknik baru ini, kami latihan berhari-hati,” kata HYOYEON.
Pernyataan HYOYEON tersebut didukung TIFFANY. “ mempersiapkan tarian I GOT A BOY bener-bener menguras staminaku. Aku juga butuh waktu istirahat tambahan agar staminaku kembali. Tapi gerakan tari ini membuatku menjadi lebih bertenaga. I found new energy through this choreograpy,” ujar TIFFANY.
Khusu untuk video klip I GOT A BOY, SNSD ditantang untuk bisa menggabungkan tari dengan akting. Jadi saat latihan, mereka nggak hanya menghapal gerakan tarinya saja, tapi juga ekspresi dan mimik yang berbeda di setiap bagian lagunya. “ kita harus mengerti cerita di balik lagunya. Porsi antara tari dan akting harus seimbang. Rasanya seperti berlatih untuk teater musikal,” kata TAEYEON. Melihat hasil kerja keras mereka di video klip I GOT A BOY, SNSD mengaku sangat puas. “ lucu juga melihat ekspresi masing-masing member yang belum pernah kami lihat sebelumnya,” kata YURI
NEW FASHION
Satu lagi berubah dari SNSD di album ini adalah fashion. Tahun lalu, SNSD  tampil fierce di video klip THE BOYS dan elegan di video klip PAPARAZZI. Di I GOT A BOY, SNSD tampil lebih eye-catchy dengan mencoba banyak gaya. Mulai dari sporty seperti di video klip OH!, gaya army yang cool, cute in pink, retro look,street style dan masih banyak lagi. Girlband yang memulai debutnya pada tahun 2007 ini juga memakai banyak aksesoris yang membuat mereka tampak beda, seperti topi, hairband, denim jackets, celana jeans dan baggy pants. TAEYEON, SUNNY, YOONA dan HYOYEON juga tampil beda dengan mengecet rambut mereka dengan warna-warna cerah. HYOYEON bahkan mengecet rambutnya warna warni.
Berbagai pendapat tentang perubahan fashion SNSD ini langsung muncul. Ada yang bilang cocok, ada juga yang bilang nggak cook. “ three is fear about taking a risk. We should show a cooler and more mature image. Menurutku buhkan soal cocok atau nggak, melainkan bagaimana cara kami mengaplikasikan fashion yang sesuai dengan lagu I GOT A BOY,” kata yuri.
SnSD nggak sepenuhnya meninggalkan kesan fierce dan elegan yang mereka tampilkan tahun lalu. Buktinya, di bagian terakhir video klip I GOT A BOY, mereka merupakan koleksi Burberry 2013 Spring/Summer. Yup, the girls are still fashionista!
Untuk live performance, mulai I GOT A BOY ini SNSD nggak memakai baju seragam dan sepatu high heels lagi ketika manggung. “ kami ingin menampilkan karakter masing-masing member. Tapi tetap gaya SNSD.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Instagram @nidiaju_